Monday, August 10, 2015

Menabung

Siapa yang bilang menabung itu gampang?

Siapa yang bilang nahan nafsu jajan itu gampang?

Apalagi buat remeja kayak gue yang baru aja menghabiskan kurang lebih 5 bulan jadi pengangguran karena libur kelulusan.

Menabung adalah salah satu masalah yang susah susah gampang untuk diselesaikan.

Susah karena harus menahan diri dan gampang ketika godaan itu sudah terlewati.

Gue punya beberapa tips yang sebenarnya keampuhannya belum bisa dipastikan karena ini cuma baru gue terapin dalam hidup gue dan sampai sekarangpun gue masih berusaha menjalankan tips ini. Apa aja tipsnya, yuk mari dicek

1. Tentukan Tujuan/Target Untuk Apa Kita Menabung

Kalo kalian nabung pasti karena ada alesannya dong? Contohnya pengen beli sepatu baru, tas baru, kamera baru, hape baru atau untuk masa depan kamu sama pasangan. Nah tentukan dahulu target apa yang kalian mau capai dengan uang tabungan itu.

Mungkin kalian punya keinginan jangka panjang seperti nyiapin duit buat kawin, bangun rumah atau beli mobil. Semua butuh uang dengan jumlah yang besar. Itu tidak masalah. Jika kalian sudah menentukan apa target kalian -baik jangka pendek atau jangka panjang- yang kalian mau capai dengan uang tabungan kalian, print out seperti apa targetnya.

Contoh kalo kalian mau beli tas, ya print out tasnya merek apa, model apa, gimana bentuknya pokoknya cari print out target yang kalian tentuin dengan ukuran yang besar dan kalian pajang dikamar kalian. INGAT!! pajangnya ditempat yang bakal sering kalian lihat, lewati, entah dimanapun itu pokoknya spot yang memungkinkan kalian untuk melihat gambar itu.

Semakin sering kalian melihat gambar itu, otak bawah sadar kalian akan merekam gambar itu dan dari alam bawah sadar kalian akan ada semangat untuk mendapatkan sesuatu yang kalian mau digambar itu.

2. Tentukan Media Tempat Untuk Menabung

Maksud dari point kedua ini adalah dimana kita akan menabung entah di bank, di celengan, pada orang yang bisa kita percaya ataupun benda-benda yang bisa kalian reuse menjadi sebuah wadah celengan. Setiap tempat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kalian memilih bank, jangan pernah campurkan rekening untuk tabungan dengan rekening yang akan kita gunakan sehari-hari karena itu akan berbahaya sekali untuk tabungan kita. Jika kalian memilih celengan gunakan celengan tanpa kunci gembok. Gue sarankan untuk menggunakan celengan plastik biasa yang bisa kalian dapatkan diwarung atau dipasar, Selain murah, celengan itu tidak bisa kalian ambil uangnya.

3. Tentukan Nominal Uang Yang Akan Ditabung

Cara ini cukup ampuh untuk memecahkan masalah menabung. Penentuan nominal ini ditentukan diawal perang untuk menabung. Misalnya kalian memilih pecahan 10.000 berarti tiap harinya kalian wajib memasukan uang tersebut ke dalam tempat tabungan kalian. Usahakan pemilihan nominal setara dengan kemampuan kalian. Jangan terlalu memaksakan kalau tidak bisa ya ganti nominalnya. 

4. Masukkan Uangnya Di Pagi Hari

Nah ini yang paling penting! Biar usaha kita sukses untuk misi menabung ini, masukkan uang ke tabungan kalian saat pagi hari sebelum kalian bearktifitas. Kenapa? karena saat pagi hari keadaan uang kita sedang daalm keadaan "utuh" nah jadi masih banyak kesempatan untuk menabung dan juga ini dapat menghambat pengeluaran tak penting di hari itu. Jangan tunggu saat malam karena uang kita sudah habis dan untuk persiapan esok hari.


Menabung memang bukanlah hal yang mudah dilakukan, tapi jika ada kemauan dan alasan yang jelas untuk apa kita menabung pasti dalam diri kita timbul semangat untuk menyisihkan uang demi suatu hal tersebut. Jangan menyerah dan mudah tergoda karena hasilnya tidak akan sia-sia #tsaaaahhh

Jangan lupa senyum :)

Selamat beraktifitas. Have a nice day and God bless

Nancy

No comments:

Post a Comment